Akhir Bulan yang Dinanti-nanti

Diposting pada: 13 April 2011 / Labels: ,
excel
Pembahasan rumus MS.Excel 2007 kali ini, tidak berbeda jauh dengan pembahasan sebelumnya mengenai penentuan tanggal sebelum atau sesudah tanggal tertentu yang menggunakan fungsi EDATE.
Kali ini pun sama, yaitu menentukan tanggal sebelum dan sesudah tanggal tertentu tapi bedanya adalah tanggal yang dicari pada rumus kali ini adalah tanggal / hari terakhir bulan yang  kita maksud (sebelum atau sesudah).
Kita bisa menggunakan fungsi EOMONTH untuk menghitung tanggal jatuh tempo yang jatuh pada hari / tanggal terakhir dari  suatu bulan.

Syntax : =EOMONTH(start_date;months)

  • Start_date,  merupakan tanggal mulai / start. Tanggal harus dimasukkan dengan menggunakan fungsi DATE, atau sebagai hasil dari formula atau fungsi lainnya. Misalnya, gunakan DATE (2008,5,23) untuk tanggal 23 Mei 2008. Masalah dapat terjadi bila tanggal dimasukkan sebagai teks.
  • Months, jumlah bulan sebelum atau setelah tanggal_mulai.
    Apabila bulan bernilai positif, maka akan menghasilkan tanggal di masa mendatang (sesudah start_date), sedangkan apabila bukan bernilai negatif maka akan menghasilkan tanggal masa lalu (sebelum start_date)
Contoh :
excel












Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Tulis Komentar