Cara Memisahkan Kepala dan Ekor Versi Excel

Diposting pada: 11 April 2011 / Labels: ,
excel
Untuk mengingatkan kita tentang rumus-rumus dalam MS.Excel 2007 yang sudah dibahas pada artiket sebelumnya dan untuk lebih mengasah keterampilan (ide/kreatifitas) kita dalam menggunakannya, sekarang kita coba untuk memisahkan Kepala dan Ekor ya,,,lol.

Maksudnya adalah apabila kita bekerja dengan data yang berisi nama orang yang terdiri dari nama depan dan nama belakang atau nama barang yang terdiri dari merk dan type, pada suatu saat kita ingin memisahkan data tersebut, misal : memisahkan nama depan dan nama belakangnya atau memisahkan merk kendaraan dan typenya.

Untuk permasalahan itu kita bisa menggabungkan beberapa rumus MS.Excel 2007, yaitu LEFT, MID dan FIND.
Contohnya sebagai berikut :
excel













Pada kolom A terdapat data kendaraan yang terdiri dari merk dan type kendaraan, yang akan kita pisahkan pada kolom B dan kolom C.
Berikut penjelasan rumusnya :
=LEFT(A2,FIND(" ",$A$2:$A$8)-1)
  • LEFT(A2, artinya kita akan mengambil karakter yang ada di  kolom A2 mulai dari yang paling kiri, biasanya untuk mengambil karakter kita tinggal mengisikan angka sebagai jumlah karakter yang akan diambil, tapi karena dalam kasus ini jumlah kata yang di depan tersebut jumlahnya tidak sama dengan data selanjutnya, maka kita modifikasi rumusnya seperti di bawah ini.
  • FIND(" ",$A$2:$A$8)-1), untuk menentukan jumlah karakter yang akan diambil menggunakan FIND " ", Berarti excel akan mencari spasi " ", apabila spasi " " tersebut ditemukan pada karakter ke enam, maka excel akan mengambil data tersebut sampai karakter ke lima karena di akhir rumus tersebut kita tambahan -1)

=MID(A2,FIND(" ",$A$2:$A$8)+1,99)
  •  MID(A2, artinya kita akan mengambil karakter yang ada di  kolom A2 mulai dari tengah, mulainya dari karakter keberapa? Penjelasannya terdapat pada rumus selanjutnya ( di bawah )
  • FIND(" ",$A$2:$A$8)+1,99), untuk menentukan posisi start pengambilan karakter, sama seperti rumus di atas menggunakkan FIND " ", namun bedanya di rumus ini adalah +1, karena yang akan kita ambil adalah karakter setelah spasi. Sedangkan 99) adalah kita asumsikan karakter yang akan diambil adalah sebanyak 99 karakter.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....



0 komentar:

Tulis Komentar