Bagi anda yang biasa banyak mempergunakan mouse , cara ini (penggunaan shortcut) bisa dicoba untuk mempercepat pekerjaan.
Berikut beberapa shortcut yang sering penulis pergunakan dalam pekerjaan yang menggunakan Ms.Excel :
- Ctrl + O : membuka file yang sudah pernah di simpan (Open)
- Ctrl + N : membuat worksheet baru (New)
- Ctrl + B : memberi efek tebal pada isi cell (Bold) atau menghilangkannya ( bisa juga Ctrl + 2 )
- Ctrl + I : memberi efek miring pada isi cell (Italic) atau menghilangkannya ( bisa juga Ctrl + 3 )
- Ctrl + U : memberi garis bawah pada isi cell (underline) atau menghilangkannya ( bisa juga Ctrl + 4 )
- Ctrl + A : memblok keseluruhan worksheet
- Ctrl + 1 : menampilkan dialog box format cell
- Ctrl + W : menutup worksheet yang aktif (Close)
- Ctrl + D : mengcopy isi cell yang ada diatasnya
- Ctrl + R : mencopy isi cell yang ada di sebelah kiri
- Ctrl + Z : membatalkan perintah sebelumnya (Undo)
- Ctrl + Y : mengulangi perintah sebelumnya (Redo) atau bisa juga dengan menekan tombol F4
- Ctrl + F : mencari kata/angka dari isi cell (Find) atau bisa juga dengan menekan Shift + F5
- Ctrl + G : menuju cell tertentu (Go To)
- Ctrl + Space : memblok satu kolom tertentu
- Shift + Space : memblok satu baris tertentu
- Ctrl + PageUp : pindah ke sheet berikutnya
- Ctrl + PageDown : pindah ke sheet sebelumnya
- Ctrl + - (minus) : menampilkan dialog box untuk menghapus cell yang dipilih
- Ctrl + + (plus) : menampilkan dialog box untuk menambah cell yang dipilih
Di kesempatan lain Insya Allah akan saya tulis lagi beberapa shortcut yang bisa membantu kita.
Tulisan ini saya persembahkan buat Bapak Fitriyadi, karena saat beliau bekerja di PT. Cottonindo Ariesta beliaulah yang menjadi inspirasi saya dalam penggunaan shortcut tersebut, thanks bro....
Semoga tulisan ini dapat membantu.......Selamat Mencoba
0 komentar:
Tulis Komentar