Kombinasi IF dan VLOOKUP dalam MS.Excel 2007

Diposting pada: 24 Maret 2011 / Labels: , ,
vlookup excel
Setelah kita memahami penggunaan beberapa fungsi dalam Ms.Excel yang sudah kita bahas dalam postingan sebelumnya, ada baiknya kita sering berlatih sehingga kita memahami benar kegunaan fungsi-fungsi tersebut.
Penggunaan fungsi-fungsi dalam MS.Excel tidak terbatas hanya pada seperti contoh-contoh yang saya berikan, misalnya dalam penggunaan fungsi IF kita jangan terpaku hanya memberikan kondisi benar dan salah itu berupa angka teks yang diapit oleh dua tanda petik ("kondisi").
Suatu saat anda akan menemukan kondisi-kondisi tersebut berupa tabel, nah....kalau sudah begini apa yang harus kita lakukan....? tenang, anda jangan menelpon dulu 108 untuk minta penerangan,,,,,lol, sebenarnya anda tidak usah "geumpeur" dulu, anda hanya tinggal menggabungkan saja fungsi IF dengan fungsi VLOOKUP.

Contoh kasus :
Kebijakan perusahaan adalah memberikan tunjangan anak kepada setiap karyawannya jika karyawan tersebut sudah  menikah dan sudah mempunyai anak, besarnya tunjangan tersebut sudah ditentukan dalam bentuk tabel/daftar.

Sebelumnya mari kita buat dua buah tabel seperti contoh di bawah ini :
vlookup excel

Tabel 1, pada kolom B berisikan logical test yaitu ekspresi untuk menghasilkan nilai benar.
Masih ingat  syntak pada fungsi IF kan?

vlookup excel

Tabel 2, adalah tabel untuk fungsi VLOOKUP yang berisikan logika apabila bernilai benar (TRUE), lalu untuk logika bernilai tidak benar (FALSE) nya diletakkan dimana ya? Mari kita lihat penyelesaian untuk kasus ini,,,,,,,

Pada sel D3 isi dengan rumus fungsi IF, tetapi logika jika benarnya diganti oleh fungsi VLOOKUP, sehingga rumusnya akan seperti ini : =IF(B3="Menikah",VLOOKUP(C3,$G$3:$H$6,2,FALSE),0)
dalam syntax untuk fungsi IF, rumus tersebut bisa dijelaskan seperti berikut :
  • B3="Menikah" adalah logical_test diisi dengan nilai atau ekspresi untuk menghasilkan nilai benar (TRUE)
  • VLOOKUP(C3,$G$3:$H$6,2,FALSE) adalah value_if_true,diisi dengan nilai apabila logika bernilai benar(TRUE), jangan lupa untuk mengabsolutkan / mengunci (F4) tabel array supaya apabila rumus tersebut di copy, acuan tabelnya tidak bergeser.
  • 0 adalah value_if_false, diisi dengan nilai apabila logika bernilai salah (FALSE), logika bernilai salah ini bisa saja kita ganti dengan logika bertipe teks, misalnya : "tidak mendapat tunjangan"
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar berikut :
vlookup excel

setelah di ENTER, kita tinggal copy rumus tesebut ke bawah dan hasilnya seperti ini :
vlookup excel


Finish,,,fakta membuktikan bahwa yang bisa dikombinasikan itu tidak hanya Coklat dan Keju dalam satu roti, tapi IF dan VLOOKUP pun bisa ....hehehe

Semoga membantu dan bermanfaat, terima kasih.

0 komentar:

Tulis Komentar