Mengenal Ukuran dan Jenis Container

Diposting pada: 12 Mei 2011 / Labels:
export Excel
Karena saya bekerja di bidang Export-Import maka artikel kali ini saya akan membahas mengenai macam-macam container.

Sebelum saya menangani EXIM saya hanya tahu container itu hanya ada dua macam saja yaitu, yang pendek dan yang panjang hehehe. Ternyata setelah saya "masuk" ke dalam EXIM, container itu banyak juga jenis dan macamnya.

Berdasarkan ukurannya container dapat dibedakan menjadi : 
  • Container 20 ft (feet), 
  • Container 40 ft atau 40 HC (High Cube),
  • Container 45 ft.
export Excel

Daya muat (payload)  yang diperbolehkan masing-masing ukuran container berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing pelabuhan. Sebagai contoh saja, untuk container 20 ft kapasitas muat yang diperbolehkan di Indonesia dan beberapa negara Asia maksimum 20 ton, namun untuk sebagian besar negara Amerika Tengah maksimumnya adalah 18 ton.

Berdasarkan jenisnya container dapat dibedakan menjadi :
  • Dry/steel atau Dry/aluminium, Container biasa yang diperuntukkan untuk komoditi yang tidak memerlukan perlakuan khusus

  • Reefer, biasanya container jenis ini diperuntukkan untuk barang-barang perishable ( barang yang tidak tahan lama / cepat busuk ) seperti sayuran, buah-buahan, ikan dan lain-lain. Biasanya container jenis ini dilengkapi dengan system yang menjamin suhu dan kelembaban container

  • Special Equipment Container, diperuntukkan untuk barang yang dimensi dan beratnya melebihi batas maksimal container biasa, misalnya mengangkut mesin-mesin yang berat. Biasannya Container jenis ini memiliki dinding dan atap yang bisa dibuka / ditutup sesuai kebutuhan.

catatan : ukuran container biasanya beda-beda antara shipping lines (perusahaan pelayaran) yang satu dengan yang lainnya, namun perbedaan itu tidak terlalu signifikan.

Semoga bermanfaat.




Sumber :
- Wikipedia
- http://dayurai.wordpress.com/


                                               
                                             

0 komentar:

Tulis Komentar