Persamaan Akuntansi

Diposting pada: 23 Juni 2011 / Labels:
akuntansi excel
Biasanya kalau ada persamaan, ada perbedaan ya? Tapi di akuntansi tidak mengenal kata perbedaan dalam artian antara sisi kiri dan sisi kanan harus sama atau seimbang, kalau tidak sama bagaimana? berarti dalam penjurnalan transaksi, ada yang salah posting.

Kenapa sih Debet dan Kredit itu harus seimbang?
Penjelasan sederhananya begini (mungkin ini juga ya...lol), apabila saya mengeluarkan uang senilai X, saya harus mendapatkan barang senilai "X" pula. Contoh : Saya punya uang Rp.5.000,- dibelikan satu buah buku, maka yang terjadi adalah uang saya (kas) saya berkurang, tapi di perlengkapan kantor bertambah senilai Rp.5.000,- seimbangkan?

Lebih tepatnya kenapa sisi kiri dan kanan harus seimbang karena hak atas seluruh aset ada pada pemilik dan kreditur.

Model persamaan akuntansi dapat diilustrasikan sebagai berikut :

ASET = HUTANG + MODAL

Untuk lebih jelasnya, ilustrasi di bawah ini menunjukkan hubungan persamaan yang lebih visual :






Semua transaksi mulai dari yang sederhana sampai dengan yang paling rumit akan mempengaruhi unsur unsur di atas.

Semoga bermanfaat dan tunggu contoh-contoh kasus transaksi pada tulisan berikutnya.

Terima kasih.


0 komentar:

Tulis Komentar